Warning: Creating default object from empty value in /home/mejakerja/mejakerja.com/wp-content/themes/crisp/functions/admin-hooks.php on line 160

OutSite Info: Wikipedia Akan Tutup dalam 3 Bulan?

Beberapa hari belakangan ini banyak beredar berita yang cukup menggemparkan tentang sekaratnya Wikipedia, sebuah situs online ensiklopedia gratis yang terpopuler saat ini. Kesimpangsiurannya berawal ketika Chairwoman dari Wikimedia Foundation, Florence Devouard, memaparkan kondisi keuangan Wikimedia pada acara LIFT Conference. Pernyataan Devouard memang sedikit “abu-abu” sehingga berpotensi menimbulkan persepsi yang bermacam-macam. Berikut ini kutipan transcript wawancara yang menimbulkan banyak rumor tersebut.

Q: “When we prepared this speech, Florence told me that Wikipedia has enough cash to pay for its server for the next…”
Florence Devouard: “Three months. Roughly.”
Q: “and if we don’t do something, Wikipedia won’t be here in three or four months. That’s a radical idea, it’s not going to happen but…”.
Florence Devouard: ”…three months is a bit negative. […] We have somebody making plans for two years in the future, I think we will survive in the next three months”.

Sebagaimana kita ketahui, untuk mendanai kelangsungan hidup Wikipedia, Wikimedia kerap kali melakukan penggalangan dana lewat website Wikipedia. Saat ini Wikipedia memiliki 350 buah server. Sehingga tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk operasionalnya. Dari wawancara juga terungkap bahwa penggalangan dana yang terakhir hasilnya “kurang memuaskan” sehingga sebagian orang menganggap hal ini dapat mengancam masa depan dari Wikipedia ini. Tapi sebagian yang lain justru beranggapan sebaliknya karena melihat financial statement tahun 2006 yang menunjukkan kondisi Wikimedia masih terbilang sehat.

Akankah Wikipedia yang selama ini menjadi salah satu sumber informasi terpopuler harus gulung tikar? Anda dapat menyimpulkannya sendiri lewat info dari website-website berikut ini.

No comments yet.

Leave a Reply